Selasa, 17 November 2020

Afiq Rakhmat Alwi

Kabel Penghantar Serat Tunggal

 

Memahami apa yang dimaksud dengan : Penghantar, Kabel dan  Kabel Instalasi (Pengantar Materi Instalasi Tenaga Listrik).

1)  Penghantar

Penghantar ialah Benda logam atau bukan logam yang bersifat menyalurkan arus listrik - Kawat/pilinan kawat yang cocok digunakan untuk menyalurkan arus listrik.

2)  Kabel
Kabel adalah Rakitan satu penghantar atau lebih, baik penghantar pejal atau berupa pintalan, masing -masing dilindungi dengan isolasi, keseluruhannya dilengkapi dengan selubung pelindung bersama.

3)  Kabel instalasi

Kabel Instalasi yaitu Kabel yang dimaksudkan untuk instalasi tetap.

4)  Kabel fleksibel

Kabel Fleksibel adalah Kabel yang karena sifat penghantar, isolasi dan selubung yang fleksibel dimaksudkan untuk dihubungkan dengan perlengkapan listrik yang dapat dipindah-pindahkan dan atau bergerak.

5)  Kabel Tanah

Kabel tanah adalah Semua jenis penghantar berisolasi dan berselubung yang karena sifat isolasinya dan selubungnya boleh dipasang pada atau di dalam tanah, termasuk di dalam air.

 

Kabel Instalasi

Untuk instalasi listrik di rumah, secara umum kabel terdiri dari konduktor dan isolator.

Konduktor adalah bagian serabut tembaga atau alumunium yang fungsi utamanya menghantar aliran listrik. Daya hantar atau konduktansi dari sebuah kabel listrik ditentukan oleh parameter yang disebut dengan KHA (Kemampuan Hantar Arus). Kemampuan hantar arus dari kabel listrik berbeda-beda tergantung dari elemen atau bahan konduktor dari kebel listrik itu sendiri.

Isolator adalah bahan pembungkus kabel yang berfungsi sebagai pelindung (agar tidak mencederai manusia). Bagian isolator pada kabel listrik merupakan bahan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik, yang terbuat dari bahan karet atau plastik (thermoplastik atau thermosetting). Semakin baik tingkat isolator suatu kabel, semakin bagus kualitas dari kabel tersebut.

Jenis-jenis kabel listrik yang berbeda dinotasikan dengan kode-kode yang juga mencantum ukuran kabel listrik. Misalnya, kabel NYMHY 2×0,75mm persegi berarti kabel tersebut adalah tipe NYMHY dengan isi 2 konduktor, dengan masing-masing konduktor memiliki ukuran luas penampang 0,75 mm persegi. Begitu juga jika Anda menemukan misalnya ukuran 2×1,5mm persegi berarti kabel tersebut berintikan 2 konduktor yang memiliki luas penampang 1,5mm persegi. Juga misalnya 3×1,5mm persegi adalah kabel dengan memiliki 3 inti konduktor dengan luas penampang 1,5mm persegi untuk tiap konduktornya.

 

Tabel di atas menunjukkan daftar berbagai ukuran kabel yang sering dipakai, dan kemampuannya menghantar arus listrik (KHA). Misalnya, Anda ingin membuat kabel perpanjangan untuk disambung ke sebuah alat elektronik rumah tangga. Misalnya, untuk keperluan menghidupkan kulkas dua pintu yang memakan daya 1.000 Watt. Berdasarkan tabel di atas, Anda membutuhkan kabel dengan nilai KHA 6 Ampere. Yang berarti, gunakanlah kabel dengan luas penampang 1,5mm persegi, sebab 0,75 mm persegi hanya mampu menghantarkan maksimal 880 watt.

Jenis-jenis kabel listrik :

1.   Kabel NYA

Kabel NYA merupakan salah satu jenis-jenis kabel listrik tunggal yang banyak digunakan pada instalasi listrik rumah. Kabel NYA rata-rata memiliki diameter 1,5mm atau 2,5mm yang dilapisi isolator berbahan PVC. Untuk isolatornya sendiri memiliki kode warna yang menunjukan bahan dari isolator itu sendiri, kode warna untuk isolator pada kabel NYA adalah warna merah, kuning, biru dan hitam.

Kabel NYA memiliki kekurangan lebih mudah terkena cacat akibat goresan, gigitan tikus atau cuaca, karena lapisan isolator pada kabel NYA hanya satu lapis. Agar lebih tahan lama biasanya kabel NYA dipasangkan pada saluran tertutup seperti pipa, atau dipasang di udara agar jauh dari jangkauan.

 

 

·         

·         

  • Berisolasi PVC
  •  Berinti kawat 1 (tunggal)
  • Warna isolator: merah, kuning, biru, atau hitam
  • Merupakan kabel udara (tidak untuk ditanam dalam tanah)
  • Digunakan untuk instalasi rumah dan sistem tenaga.
  • Dalam instalasi rumah digunakan ukuran 1,5 mm persegi dan 2,5 mm persegi.
  • Relatif murah
  • Lapisan isolator hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air dan mudah digigit tikus.

Agar aman memakai kabel tipe ini, kabel harus dipasang dalam pipa besi atau yang lebih sering digunakan adalah pipa conduit jenis PVC atau saluran tertutup (perhatikan, pipa PVC ini berbeda dengan pipa PVC untuk air) sehingga tidak mudah menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

Konduit ini selain bertujuan melindungi kabel dari gangguan luar juga berfungsi memudahkan pekerjaan penggantian atau penambahan kabel, karena hanya tinggal ditarik atau didorong saja. Bandingkan bila kabel tersebut ditanam dalam tembok tanpa konduit, tentu akan butuh pekerjaan tambahan berupa pembongkaran tembok. Karena itu, sesuai tujuannya penggunaan konduit sebenarnya tidak terbatas pada jenis kabel NYA saja, tetapi bisa dipakai untuk kabel lain seperti jenis NYM atau NYY.

 

1.   Kabel NYM

Kabel NYM merupakan salah jenis kabel yang mempunyai inti lebih dari satu, yang mana bisanya kabel ini digunakan untuk instalasi listrik gedung atau bangunan yang penempatannya biasa diluar/ didalam tembok ataupun didalam pipa (conduit). Jumlah inti dari kabel NYM adalah 2, 3 atau 4 inti. Masing-masing inti kabel NYM dilapisi dengan isolator. Bahan terluar dari kabel ini dilapisi dengan isolasi PVC. Pada dasarnya kabel jenis NYM mempunyai keamanan yang lebih baik terutama untuk instalasi listrik, karena setiap dan keseluruhan kabel inti masing-masing dilindungi dengan isolator.

Karena mempunyai kualitas yang lebih baik, harga kabel NYM lebih mahal dari kabel NYA. Selain itu kabel ini dapat ditempatkan pada lingkungan kering dan basah, namun tidak untuk ditanam.



  • Kabel NYM mempunyai isolasi luar jenis PVC berwarna putih atau abu-abu dengan selubung karet di dalamnya.
  • Berintikan 2, 3, atau 4 kawat tunggal dan masing-masing inti mempunyai isolasi PVC dengan warna berbeda. Jadi, kabel NYM seperti beberapa kabel NYA yang dijadikan satu dan ditambahkan isolasi putih dan selubung karet.
  • Kabel NYM relatif lebih kuat daripada NYA karena adanya isolasi PVC dan selubung karet.
  • Pemasangan kabel NYM pada instalasi listrik dalam rumah bisa tanpa konduit (kecuali dalam tembok sebaiknya menggunakan konduit seperti yang dijelaskan sebelumnya).Kabel NYM dirancang bukan untuk penggunaan di bagian luar (outdoor) dan tidak boleh ditanam, walaupun dapat dipergunakan di lingkungan baik kering maupun basah.
  • Tetapi penggunaan konduit sebagai pelindung bisa juga dipertimbangkan bila ingin dipasang di luar ruangan.
  • Harganya lebih mahal daripada kabel NYA.

3.   Kabel NYY

Berbeda dengan kabel jenis NYM, k abel NYY dirancang untuk penggunaan didalam tanah, ataupun berbagai kondisi seperti outdoor, kering ataupun lembab. Namun untuk lebih amannya kabel ini sangat direkomendasikan menggunakan perlindungan lagi seperti pipa PVC ataupun pipa besi. Terutama untuk aliran listrik tegangan tinggi. Kabel jenis NYY mempunyai inti lebih dari satu, yakni 2, 3, atau 4 inti.

Bahan isolator untuk kabel jenis NYY mempunyai konstruksi yang lebih kuat dan kaku dibandingkan dengan kabel jenis NYM. Selain itu bahan isolator yang terdapat pada kabel ini biasanya dilengkapi dengan anti gigitan tikus.


·   

·     Kabel NYY berinti kawat tunggal dengan jumlah inti 2, 3, atau 4.

·     Bahan isolator kabel NYY mempunyai konstruksi yang lebih kuat dan kaku dibandingkan dengan kabel jenis NYM.

·     Karet isolator kabel NYY ini biasanya dilengkapi dengan bahan anti gigitan tikus.

·     Kabel NYY dirancang untuk penggunaan di dalam tanah, outdoor, baik dalam keadaan kering maupun lembab.

·     Untuk lebih amannya kabel NYY direkomendasikan menggunakan perlindungan ekstra seperti pipa PVC atau pipa besi terutama untuk aliran listrik tegangan tinggi.

·     Warna khas kabel NYY adalah hitam dengan isolasi PVC ganda.

·     Kabel untuk lampu taman dan di luar rumah sebaiknya menggunakan kabel jenis ini.

·     Harganya lebih mahal daripada kabel NYA, NYAF, dan NYM.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Macam-macam Sambungan Kabel Instalasi Listrik

di Rumah yang Baik dan Aman

 

1. Sambungan Ekor Babi (Joint Pigtail)

Sambungan ekor babi merupakan jenis sambungan kabel yang paling mudah sering digunakan karena teknik penyambungannya yang cukup mudah. Bahkan anda yang sama sekali tidak memiliki latar belakang di dunia teknik listrik pun bisa melakukannya. Namun tetap memerlukan ketelitian supaya tidak terjadi korsleting listrik.


Cara membuat sambungan ekor babi adalah dengan mengupas masing-masing kabel sepanjang 3 cm. Setelah itu tahan jepit dengan menggunakan tang lancip atau kombinasi. Lalu puntir kabel yang telah dikupas tadi dengan menggunakan tang yang lain. Puntirlah kabel ke kanan searah dengan putaran jarum jam.

2. Sambungan Puntir

Untuk mendapatkan hasil sambungan yang kuat pada saat ingin menambah panjang kabel, anda bisa menerapkan sambungan kabel jenis puntir. Sambungan puntir terbagi menjadi 2 jenis yaitu bell hangers dan western union.

·       Sambungan Bell Hangers

Cara membuat sambungan bell hangers cukup mudah, anda hanya perlu mengupas dua buah kabel yang ingin disambung. Setelah itu bengkokan keduanya hingga membentuk huruf L dan puntir dengan arah yang saling berlawanan. Untuk lebih mudahnya, lihatlah gambar di bawah ini:


·         Sambungan Western Union
Sama halnya dengan bell hangers, sambungan kabel ini juga digunakan pada saat ingin menambah panjang suatu kabel. Caranya yaitu dengan mengupas dua buah kabel masing-masing sepanjang 3 cm dan 5 cm. Nah untuk langkah selanjutnya anda bisa perhatikan gambar di bawah ini:


3. Sambungan Bolak-Balik

Sambungan bolak-balik memiliki kekuatan yang tidak perlu diragukan lagi, bahkan pada saat direntang sekalipun. Nah untuk membuatnya, kupaslah masing-masing kabel sepanjang 3 sm dan 5 cm. Kemudian lakukanlah langkah-langkah seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah:

   

4. Sambungan Britania

Sambungan kabel Britania sering digunakan pada penghantar yang memiliki luas penampang atau diameter yang cukup besar. Untuk membuatnya, kupaslah masing-masing kabel sama panjang lalu bengkokan masing-masing ujungnya. Kemudia ambil seutas kawat penghantar dengan ukuran yang lebih kecil atau sama dengan kabel yang akan disambung. Lilitkanlah pada kedua kabel tersebut dengan cara dipuntir menggunakan tang.

    

5. Sambungan Percabangan Datar

Pada instalasi listrik rumah, seringkali dibutuhkan percabangan kabel. Tujuannya adalah untuk menghemat penggunaan kabel sehingga lebih bernilai ekonomis. Pada prakteknya, sambungan percabangan yang dibuat tidak harus memutus kabel pada penghantar utamanya. Adapun beberapa jenis sambungan percabangan datar, yaitu sebagai berikut:

·       Single Plan Join
Cara membuatnya yaitu kupaslah kabel utama yang ingin dibuat percabangan. Lalu kupas kabel lain dan lilitkan pada kabel utama tadi. Agar lebih jelas, anda bisa melihat gambar di bawah ini:

          

 

·      Konotted tab Joint

Sekilas sambungan ini mirip dengan jenis sambungan sebelumnya. Namun jika dilihat lebih teliti lagi, knotted tab joint memiliki simpul awal yang berbeda. Hal ini dilakukan agar nantinya percabangan kabel memiliki ikatan yang lebih kuat dan tidak mudah lepas. Untuk cara melakukan penyambungannya, anda bisa lihat gambar di bawah ini:

    

 

·         Percabangan Ganda Satu Nadi

Sesuai namanya, sambungan ini dibuat untuk menghasilkan percabangan ganda. Sebab pada instalasi listrik rumah tidak sedikit yang mengharuskan kita untuk membuat percabangan ini. Dengan cara ini anda bisa menghemat penggunaan kabel. Anda bisa melihat cara penyambungannya pada gambar di bawah:

     

6. Bulatan Mata itik

Mata itik dibuat untuk mempermudah ketika disambungan dengan kotak panel listrik. Cara membuatnya adalah dengan menggunakan tang pembulat. Yaitu tang khusus yang diciptakan untuk membuat bulatan mata itik. Berikut adalah gambar dari bulatan mata itik:




      


Subscribe to get more videos :