Selasa, 17 November 2020

Afiq Rakhmat Alwi

Kabel Penghantar Serabut

 

Jenis-jenis kabel listrik: kabel NYAF

Kabel NYAF merupakan salah satu jenis-jenis kabel listrik serabut yang dibuat dari bahan tembaga murni atau campuran yang dilapisi dengan isolasi PVC kualitas menengah. Kabel jenis NYAF sangat fleksibel sehingga sangat cocok untuk digunakan pada jalur-jalur dengan banyak belokan-belokan tajam. Dalam penggunaannya kabel ini harus dilindungi lagi dengan pipa distribusi. kabel ini relatif mudah terkena korosi dalam jangka waktu lama terutama untuk bahan inti dari tembaga campuran. Oleh karena itu kabel ini tidak cocok untuk digunakan pada lingkungan yang lembab dan atau basah.

 

Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY


Kabel jenis ini memiliki lapisan-lapisan isolator yang kuat dan tahan lama. Pada penggunaannya, kabel ini dapat ditanam didalam tanah tanpa memerlukan perlindungan tambahan lagi. Namun demikian tetap saja jika kabel ini akan menyebrangi jalan raya tetap direkomendasikan menggunakan perlindungan lagi, setidaknya pipa PVC. Menurut spesifikasi, kabel jenis NYFGbY/NYRGbY/NYBY dapat ditanam didalam tanah hingga kedalaman 0,8 meter saja.

 

Jenis-jenis kabel listrik: kabel NYCY


Kabel jenis NCYC merupakan jenis kabel yang dirancang untuk penggunaan didalam ruangan, didalam tanah, ataupun alam terbuka. Yang mana kabel ini terdiri dari penghantar konsentris yang dilapisi dengan pelindung pita CU kabel. Kabel jenis NCYC dikenal dengan jenis kabel yang tahan dengan berbagai dengan kondisi cuaca.

 

kabel BC


Kabel jenis ini memiliki sistem konduktansi yang unik, yang mana penghantarnya terdiri dari pilinan kabel yang disatukan sehingga menghasilkan konstruksi kabel yang kuat dan tidak mudah putus. Ukuran kabel ini pada umumnya antara 6 mm hingga 500 mm. Kabel jenis BC banyak digunakan sebagai pentanahan atau arde/ground. Pada gedung atau bangunan tinggi, kabel ini sangat baik untuk digunakan sebagai kabel penghantar untuk penangkal petir.

 

kabel AAAC

 

Kabel jenis AAAC merupakan jenis kabel yang terdiri dari pilinan kabel berbahan alumunium-magnesium-silikon yang merupakan bahan logam campuran. Kabel jenis ini dirancang sebagai kabel yang memiliki konstruksi yang kuat, anti karat dan untuk penggunaan yang sangat lama. Kabel jenis AAAC juga baik untuk digunakan sebagai penghantar dari penangkal petir.

 

kabel ACSR


Kabel jenis ACSR merupakan salah satu jenis kabel yang banyak digunakan untuk saluran translisi tegangan tinggi, yang mana kabel ini biasanya melintang tanpa isolasi diantar dua tiang menara distribusi. Kabel ACSR terdiri dari bahan alumunium denga inti kawat baja. Jenis-jenis kabel listrik tipe ACSR sangat cocok untuk digunakan pada saluran arus dan tegangan sangat tinggi.

 

kabel ACAR

Sama seperti halnya kabel ACSR, kabel jenis ACAR memiliki fungsi yang hampir sama dengan kabel ACSR hanya saja kabel jenis ACAR memiliki kualitas yang lebih baik karena bahan kabelnya diperkuat lagi dengan bahan logam campuran sehingga menghasilkan kabel yang sangat kokoh dan kuat.

 

kabel NYMHYO


Kabel jenis NYMHYO merupakan salah satu kabel yang mamiliki dua kabel serabut atau lebih. Kabel jenis ini banyak digunakan pada peralatan elektronik rumah tangga atau peralatan elektronika yang memerlukan arus rendah. Letak kabel ini biasanya terdapat pada soundsystem, kabel loudspeaker, kabel Audio-video, rangkaian elektronika dan lain-lain.

Kualitas dari kabel NYMHYO yang beredar dipasaran bermacam-macam, ada yang terbuat dari tembaga murni ataupun tembaga campuran. Biasanya semakin baik kualitas kabel NYMHYO maka harganya pun akan semakin mahal. Kabel jenis NYMHYO tidak direkomendasikan untuk penggunaan tegangan dan arus yang tinggi, karena dapat mengakibatkan panas yang dapat membahayakan.

 

kabel NYMHY/NYYHY


Kabel jenis NYMHY/NYYHY banyak diguankan untuk kererluan listrik rumah tangga kelas kecil yang pemasangannya diatap dan di dinding ruangan. kabel jenis ini terdiri beberapa kabel inti serabut yang dilapisi dengan isolasi PVC. Biasanya penggunaan kabel ini hanya untuk listrik rumah tangga berdaya 900 Watt kebawah. Jika digunakan untuk listrik rumah tangga berdaya 900 Watt ketas, lebih baik menggunakan kabel berinti tunggal seperti kabel jenis NYM.


Gambar diatas terlihat bagian-bagian dari kabel jenis NYMHY/NYYHY. Kabel ini memiliki tiga bagian utama, yaitu, bagian konduktor, isolator bagian dalam (PVC) dan bagian pelindung luar (sheating). Demikian penjelasan untuk jenis-jenis kabel listrik yang banyak digunakan pada kelistrikan yang ada disekitar kita, semoga bermanfaat.

Subscribe to get more videos :